Sabtu, 02 Oktober 2010

Dinamika Kelompok adalah

semenjak lahir manusia sebagai makhluk sosial tidak bisa lepas dari keberadaan orang-orang disekitarnya, mau itu dalam keluarga, sekolah, kampus, kantor, dalam kehidupan bermasyarakat, dan lain sebagainya. keluarga merupakan awal-awal pembelajaran bagi setiap individu untuk tetap bisa bertahan hidup dengan mengenalkan norma-norma kehidupan, nilai, dan bagaimana berhubungan dengan orang lain. kemudian lingkungan yang individu tempati memberikan kontribusi dalam pembentukan kepribadian seseorang.

berdasarkan hal-hal diatas dapat dilihat bahwa kehidupan dalam kelompok itu bersifat dinamis. semakin efektif kelompok semakin baik kehidupan anggota-anggota dalam kelompok tersebut. yang dapat diperhatikan dalam kelompok untuk tetap bisa efektif adalah pengetahuan yang cukup tentang dinamika atau proses-proses yang terjadi serta kemampuan kita dalam berperilaku secara efektif dalam berkelompok. dalam hal ini akan dibahas Dinamika Kelompok.

Dinamika Kelompok adalah konsep yang menggambarkan proses kelompok yang selalu bergerak, berkembang, dan dapat menyesuaikan diri dengan keadaan yang selalu berubah-ubah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar